Ratusan Relawan  Datangi Kediaman Khofifah, Desak Lanjut Dua Periode Pimpin Jatim

waktu baca 5 menit
Ratusan relawan saat mendatangi kediaman Khofifah Indar Parawansa, Selasa (13/2).

SURABAYA-KEMPALAN: Ratusan relawan dari Surabaya, Gresik, dan sekitarnya mendatangi Khofifah Indar Parawansa usai purna tugas di kediamannya, kawasan Jemursari, Surabaya, Selasa (13/2).

Khofifah yang saat itu mengenakan blus batik hitam kembang-kembang dan hijab merah marun, menyambut kehadiran mereka dengan lemparan senyum.

“Ibu, selamat purna tugas. Ibu tetap lanjutkan membangun Jatim ya. Lanjut dua periode,” kata Arief dari Sedulur Khofifah.

Sambil bersalaman dan melempar senyum, Khofifah menjawab, “Terima kasih, terima kasih”.

Ratusan relawan dari berbagai elemen ini seolah-olah menyela agar Khofifah tidak beranjak ke acara pribadinya siang itu. “Iya monggo, monggo, mohon maaf, saya sebenarnya ada acara di PWNU Jatim ini,” ujarnya saat berdiri di teras.

Semenyara itu, di seberang jalan puluhan siswa SD Margorejo VI berteriak-teriak ramai memanggil-manggil, “Bu Khofifah! Bu Khofifah!”

Khofifah Indar Parawansa foto bersama para relawan.

Mendengar itu, Khofifah pun menghampiri sambil membawakan buah-buahan dari dalam rumah. “Ayo anak-anak, ini dibagi,” ucapnya dengan ramah.

Para siswa yang pulang sekolah itu pun langsung menyerbu sehingga jalanan sempat macet. Mereka juga berebut salaman dengan Khofifah dan memaksa relawan ikut turun tangan membantu. “Ibu, terima kasih ya Bu Khofifah,” ujar anak-anak itu.

Tidak hanya itu. Sejumlah siswa bahkan diajak makan soto ayam di gerobak yang standby di lokasi.

Sejurus kemudian, Khofifah masuk menerima ratusan relawannya yang selama ini mendampingi di Pilgub 2019. “Khofifah wae, Khofifah wae, ojo liyane,  Khofifah wae.”
Nyanyian syair ini terus dilantunkan oleh musisi jalanan dan relawan yang memenuhi rumah Khofifah.

Sebelumnya, Bu Endang, dari Khofifah Lovers mendaulat Khofifah untuk maju dua periode di Pilgub 2024 ini.

Usai doa bersama untuk keselamatan, dan ucapan maju dua periode, Nur Indra Fauzi dan Endang dari Khofifah Lovers berdiri sambil meneriakkan yel-yel, “Khofifah wae!…Kembali dua periode!”

Setelah itu, satu persatu mereka bersalaman mengucapkan doa selamat dan dukungan. Tak lupa mereka membawa bunga mawar sebagai tanda cinta rakyat Jatim dan relawan kepada Khofifah.

Khofifah pun ikut larut. Tak terasa air matanya meleleh. Dengan sigap relawan menghibur, menyanyikan lagu “Khofifah Wae”. Sebelum  bergeser ke acara di PWNU Jatim, Khofifah sibuk melayani foto bersama.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional UMKM (APPI) Haji Suryanto kepada wartawan mengatakan, semua rakyat Jatim mengakui keberhasilan Khofifah- Emil selama lima tahun memimpin Jatim.

Bahkan, kata Haji Suryanto, selama  lima tahun menjabat Gubernur Jatim masa bakti 2019-2024, seabrek prestasi telah diraih.

“Kami hampir setiap minggu mendengar info, pemprov dan Bu Khofifah mendapat penghargaan,” ujar Haji Suryanto.

“Kami mencatat prestasi sebanyak 738 penghargaan dari berbagai bidang, selama beliau memimpin Jatim,” sambungnya.

Sementara itu, Romadhon, mantan Sekretaris Khofifah saat di PMII, mengaku jauh-jauh dari Kediri ingin mengabarkan kecintaan rakyat Jatim masih sangat tinggi mendukung Khofifah maju lagi di Pilgub 2024. “Beliau itu di mata rakyat Jatim sukses dan benar-benar membawa Jatim maju,” katanya.

Menurut catatan relawan Khofifah, di iklim industri manufaktur Jatim  tembus 35%. Dan di bidang pendidikan, siswa siswi SMA Jatim tertinggi diterima di perguruan tinggi negeri sejak 2020. Bahkan di sektor pertanian, sejak 2020 produksi padi Jatim tertinggi secara nasional.

Relawan lain dari Bolo Khofifah, mengaku mendengar hari purna tugas Khofifah. Tapi karena masuk masa tenang, niatan konvoi mengantar Khofifah dari Grahadi ke rumah masa kecilnya itu, dibatalkan.

“Kami mencatat Bu Khofifah itu perempuan pertama yang menjabat gubernur Jatim. Kami ingin mendaulat Bu Khofifah kembali memimpin Jawa Timur pada periode selanjutnya,” ujar Ramli, salah seorang relawan.

Tampak pula hadir di kediaman Khofifah, musisi jalanan Surabaya, Abullo Sebatang, Bolo Khofifah, Sedulur Khofifah, Pemuda Pemersatu Bangsa, Khofifah Lovers, dan banyak lagi elemen lain.

Di sudut-sudut jalan, bertebaran spanduk ucapan terima kasih atas kerja nyata Khofifah-Emil sukses memimpin Jatim dan lanjutkan dua periode.

Sementara di sejumlah titik jalan protokol di Surabaya, bertebaran ratusan spanduk ucapan selamat dan sukses terhadap kepemimpinan Khofifah dan Emil selama lima tahun memimpin Jatim.

Termasuk di halaman Gedung Negara Grahadi. Ratusan karangan bunga terlihat berjejer. Tulisannya bernada sama, mengucapkan selamat kepada Khofifah-Emil yang dinilai sukses selama lima tahun menjabat Gubernur Jatim, 2019-2024.

Catatan Keberhasilan Khofifah-Emil

-Kemiskinan esktrem di Jatim turun drastis dari 4,4% pada 2020 menjadi 0,82% pada Maret 2023.

-Di 2022 – 2023 desa mandiri di Jatim naik 1.310 desa mandiri atau setara meningkat 88%. Sementara secara nasional total desa mandiri mencapai 11.456 desa dan 2.800  di Jatim itu setara 24,44 persen desa mandiri secara nasional.

-Desa devisa di Jatim juga tertinggi se-Indonesia. Jumlahnya mencapai 149. Ini berarti,  24% desa devisa dari total 613 desa se-Indonesia per September 2023.

-Sektor Pendidikan Jatim, kerjasama dengan King’s College London dan Western Sydney University Indonesia untuk membuka kampus di Jatim.

-Selama 4 tahun berturut-turut pelajar SMA Jatim  terbanyak diterima di perguruan tinggi negeri dari semua jalur.

-Di sektor pertanian, data BPS, produksi padi Jawa Timur 2023 menghasilkan 9,59 juta ton GKG,  nasional 53,63 juta ton GKG dan Jawa Timur berkontribusi 17,89% dari nasional.

-Produksi jagung di Jawa Timur juga tertinggi nasional yaitu mencapai 7,385 juta ton pipilan kering di 2022.

-Produksi pisang Jatim tertinggi nasional dengan total produksi di 2022 mencapai 26.265.891 kuintal dan berkontribusi sebesar 28,41% terhadap produksi pisang nasional.

-Produksi tebu Jatim mencapai 17.362.620 atau 47,65 dari produksi tebu nasional. Sementara produksi gula Jatim 1.192.034 dan berkontribusi 49,55% untuk produksi gula nasional.

-Sektor peternakan populasi sapi di Jawa Timur  2022 mencapai 5.070.240 ekor atau setara 27% terhadap populasi sapi nasional.

-Populasi sapi perah Jawa Timur sebanyak 314.385 ekor menyumbang 52% populasi sapi perah nasional.

-Produksi daging sapi Jawa Timur berkontribusi besar terhadap produksi daging sapi nasional dengan produksi mencapai 93.000 ton setara 21% produksi nasional.

-Produksi susu sapi murni Jawa Timur teratas nasional mencapai 556.000 ton menyumbang 57% terhadap produksi nasional.

-Produksi perikanan tangkap Jatim mencapai 598.317 ton pun tertinggi secara nasional. Komoditi unggul di sektor ini yaitu tongkol sebesar 64.947,80 ton dan lemuru sebesar 70.284,83 ton. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *