Adhy Karyono Jadi Plh Gubernur, Khofifah: Pj Dilantik Jumat, Insya Allah Orangnya Sama

waktu baca 2 menit
Adhy Karyono

SURABAYA-KEMPALAN: Sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur Khofifah Indar Parawansa per 13 Februari 2024, Mendagri Muhammad Tito Karniavan menunjuk Sekdaprov Jatim Adhy Karyono sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jatim menggantikan Khofifah Indar Parawansa.

Dalam surat Mendagri  benomor 100.2.1.3/753/SJ tertanggal 12 Februari 2024 yang tujukan kepada Gubernur Jatim, Wakil Gubernur Jatim dan Sekdaprov Jatim,  disebutkan bahwa berdasarkan Kepres RI 2/P Tahun 2019 tanggal 18 Januari 2019, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak disahkan pengangkatannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur masa jabatan 2019-2024 dan berakhir pada 13 Februari 2024.

Sesuai ketentuan Pasal 78 ayat (2) hurup A UU No 23 Tahun 2014 ditegaskam bahwa Kepala Daerah dan atau Wakil Kepala Daerah diberhentikan karena berakhirnya masa jabatan.

Dalam ketentuan Pasal 131 ayat (4) PP 49 tahun 2008 ditegaskan bahwa dalam hal jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terjadi kekosongan, Sekda melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Daerah.

Berkenan dengan hal tersebut, untuk menghindari terjadinya kekosongan pimpinan pemerintahan di Provinsi Jatim, diminta Sekdaprov Jatim untuk melaksanakan tugas sehari-hari Gubernur Jatim sampai dengan adanya kebijakan lebih lanjut dari pemerintah.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ketika dikonfirmasi membenarkan jika surat Mendagri tentang penunjukan Adhy Karyono sebagai Plh Gubernur Jatim sudah  turun pada Senin (12/2) sore.

“Saya tadi siang sudah mendapat telepon dari Sekjen Kemendagri. Karena masa jabatan saya sebagai gubernur beakhirnya besok dan lusa sudah pencoblosan, maka hari ini diputuskan Plh dan selanjutnya pelantikan Pj pada hari Jumat (16/2),” kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Senin (13/11).

Saat itu, Khofifah mengaku belum dapat fisik suratnya meskipun sudah disampaikan. “Tapi saya rasa sore ini akan turun suratnya,” ujarnya tanpa bersedia menyebut siapa nama yang ditunjuk sebagai Plh.

Baru sekitar pukul 17.00 WIB surat dari Mendagri turun dan menunjuk Sekdaprov Jatim Adhy Karyono sebagai Plh Gubernur Jatim.

Sedang untuk Pj rencananya akan dilantik Jumat, 16 Februari 2024. “Insya Allah Plh dan Pj orangnya sama,” tegas Khofifah. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *