Pastikan Ibadah Natal Aman dan Lancar, Wali Kota Eri Kunjungi Sejumlah Gereja

waktu baca 3 menit

SURABAYA-KEMPALAN: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melanjutkan kunjungannya ke sejumlah gereja di Kota Surabaya pada hari Natal kali ini, Senin (25/12/2023). Sebelumnya, ia bersama Forkopimda Kota Surabaya sudah mengunjungi Gereja Katolik Kristus Raja, Gereja Kristen Indonesia (GKI), dan Gereja Katolik Santo Mikael pada malam natal.

Selanjutnya pada hari ini, Wali Kota Eri bersama Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi mengunjungi Gereja Katedral di Jl. Polisi Istimewa No.15, Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya, Gereja Maranata di Jl. Yos Sudarso No.4, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Gereja Mawar Sharon di PTC. Dalam setiap kunjungan itu, ia mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristen yang merayakan Natal.

“Jadi, mulai kemarin malam saya keliling ke gereja-gereja untuk memastikan ibadah berjalan aman dan lancar. Selain itu, saya juga mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristen yang ada di Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri seusai mengunjungi Gereja Mawar Sharon.

Menurutnya, agama itu hadir bukan hanya untuk kedamaian individu, namun juga manifestasi nilai-nilai humanisme dan keadilan sosial. Itulah tugas bersama untuk menjadi umat manusia yang peduli dan memiliki kepekaan sosial.

“Tema Natal tahun ini menunjukkan bagaimana kedamaian dan kesejahteraan menjadi tugas kemanusiaan dan nilai-nilai yang harus ditunaikan oleh siapapun yang ada di muka Bumi. Kita ingin nilai-nilai universal Natal menjadi bagian dari kesadaran kolektif masyarakat tentang pentingnya membangun bangsa ini dengan kebersamaan yang penuh kedamaian,” katanya.

Ia juga yakin di Natal tahun ini, kedamaian, kesejahteraan dan doa dari umat Kristen akan memberikan kebahagiaan bagi Kota Surabaya. Sebab, semuanya dibingkai dalam Pancasila dan NKRI, sehingga toleransi dan perbedaan itu akan indah di Kota Surabaya.

“Saya selalu menyampaikan bahwa Surabaya ini Kota Toleransi, makanya kedamaian, kesejahteraan di muka bumi ini, khususnya di Surabaya menjadi kewajiban untuk seluruh umat manusia tanpa melihat agama apapun itu, dan itulah yang kita bangun,” tegasnya.

Ia juga sadar bahwa pemerintah khususnya Pemkot Surabaya tidak bisa sendirian membangun kota ini. Apalagi, sejumlah gereja terutama Gereja Mawar Sharon sudah memberikan contoh yang luar biasa dengan berbagi kasih atau memberikan bantuan di Balai Kota Surabaya beberapa waktu lalu. Mereka memberikan bantuan itu tanpa melihat agamanya apa dan rasnya apa. Mereka berbagi kasih itu untuk menyambut natal ini.

“Gereja Mawar Sharon ini memberikan contoh bagi kita, sehingga menjadi pembuka bagi gereja lainnya, bagi agama lainnya untuk selalu berbagi dan menciptakan kedamaian di Kota Surabaya. Oleh karena itu, saya atas nama pribadi dan Pemkot Surabaya, mengucapkan selamat Natal untuk seluruh sahabat yang merayakan. Semoga damai dan kasih Tuhan senantiasa menyertai langkah kita semua,” pungkasnya. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *