Gubernur Khofifah Terima Dubes Inggris, Bahas Kerjasama Ekonomi hingga Transportasi Publik

waktu baca 2 menit
Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat menerima kunjungan Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Lesta H.E. Mr. Dominic Jermey di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (15/12).

SURABAYA-KEMPALAN: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa  menerima kunjungan Duta besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Lesta H.E. Mr. Dominic Jermey di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (15/12).

Sebelum bertemu Gubernur Khofifah, Dominic Jermey juga telah berkunjung ke Raja Yogyakarta. Sehingga, ini merupakan kunjungan keduanya di Indonesia dan pertama di Jawa Timur.

Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih atas kunjungan Dominic Jermey. Pertemuan itu sendiri membahas potensi kerjasama di sektor ekonomi, perdagangan, investasi, pendidikan, hingga transportasi publik, terutama kereta api (KA).

“Kami membahas bahwa ada program besar yang kita rancang, yang dua hari lalu baru keluar keputusan Menteri Keuangan untuk memberikan support public transportation di Surabaya. Terutama tentang kereta api,” kata Khofifah kepada wartawan usai pertemuan.

Selain mendapatkan dukungan pemerintah pusat, Khofifah menyebut kerjasama di sektor transportasi publik tersebut merupakan hasil kunjungannya ke Inggris pada Agustus 2023 lalu. Dalam kunjungannya, Khofifah bersama rombongan Pemprov Jatim diterima oleh manajemen TFL (Transport for London).

“Itu sangat sangat strategis bagi kami, karena memang teknologinya sangat canggih, dan dibangun di atas gedung gedung pencakar langit yang sudah eksis sebelumnya. Itu luar biasa teknologinya,” terang Khofifah.

Gubernur Khofifah menjamu Dominic Jermey makan rujak uleg buatannya sendiri.

Tak hanya bekerjasama dengan Inggris untuk pengembangan transportasi publik di Jatim, Pemprov Jatim  juga berkolaborasi dengan perusahaan asal Jerman dan Jepang. Khofifah berjanji, sebelum tanggal 26 Desember 2023, akan segera diluncurkan.

“Dan keberlanjutan komitmen dari Pemerintah Inggris. Mudah mudahan kita bisa menindaklanjuti lebih konkret dan lebih konkret lagi, terutama setelah keluarnya SK dari Menteri Keuangan,” ungkapnya.

Dominic Jermey menyebutkan, kerjasama Inggris dengan Jawa Timur sudah sangat baik dan semakin kuat. Pertemuannya dengan Gubernur Khofifah kali ini adalah membahas mengenai kerjasama di sektor ekonomi, perdagangan, investasi, pendidikan, ekonomi digital, dan transportasi publik.

“Mengenai transportasi berkelanjutan, kami juga membahas bagaimana Inggris dapat bekerjasama lebih erat dengan Jawa Timur. Guna mendukung perkembangan perkeretaapian di Surabaya,” kata Dominic Jermey. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *