Berperan Melanggengkan Relasi Jepang-Indonesia, Wagub Emil Terima Penghargaan dari Menlu Jepang

waktu baca 2 menit
wagub Emil Elestianto Dardak didampingi istrinya Arumi Bachsin saat menerima penghargaan dari Konjen Jepang Takeyama Kenichi.

SURABAYA-KEMPALAN: Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menerima penghargaan “Foreign Minister’s Commendations for FY 2023” yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang. 

Penghargaan bergengsi tersebut diterima langsung dari Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang Takeyama Kenichi di kediaman Konjen Jepang, Graha Family, Surabaya, Selasa (7/11) malam.

Wagub Emil menerima penghargaan itu atas kontribusinya dalam Promotion of Mutual Understanding Between Japan and Indonesia. Dia dinilai berperan besar dalam melanggengkan kerjasama Jepang-Indonesia. 

Dalam kesempatan ini, Emil mengaku senang dan merasa sangat diapresiasi. Terlebih karena dirinya sendiri merampungkan gelar S2 dan S3 dari Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang. 

“Saya merasa senang sebagai putera Indonesia yang berkesempatan menempuh pendidikan tinggi di Jepang. Ternyata segala ikhtiar yang kami lakukan sejak lulus sampai hari ini mendapat apresiasi dari pemerintah Jepang,” ujarnya. 

Emil berharap ke depannya relasi antara Jepang-Indonesia terus berkembang. Pasalnya, kerjasama kedua negara akan membuka banyak peluang di banyak lini yang menguntungkan termasuk untuk Jawa Timur. 

“Mari kita lebih kembangkan lagi persahabatan antara Jepang dan Jawa Timur untuk bisa maju baik dari sisi ekonomi, pendidikan, kebudayaan dan masih banyak lagi hal-hal yang berpotensi kita eksplorasi bersama,” katanya.

Sementara itu, Konjen Jepang Takeyama menuturkan bahwa Wagub Emil merupakan seseorang yang layak mendapatkan penghargaan Menlu Jepang tersebut. Mengingat, Emil telah banyak membantu Jepang dalam hubungannya dengan Indonesia. 

“Pak Emil selalu memperhatikan kerjasama Jepang-Indonesia. Bahkan kalau ada perusahaan Jepang yang kesulitan di sini, beliau juga sering membantu. Jadi kami mengucapkan terima kasih untuk perhatiannya selama ini,” katanya. 

Menurut Takeyama, Emil merupakan generasi ketiga dalam hubungan Jepang-Indonesia setelah mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah ke-1 Ginandjar Kartasasmita dan Wakil ketua DPR RI Rachmat Gobel. 

“Kami menyebutnya generasi ketiga. Maka kami mengharapkan beliau bisa berperan lebih besar lagi untuk meningkatkan hubungan Jepang dan Indonesia,” tutupnya.

Sebagai informasi, penghargaan ini diberikan kepada individu dan grup yang memiliki capaian mengagumkan dalam bidang internasional. Mereka berkontribusi dalam promosi persahabatan antara Jepang dan area lain.

Tahun ini, penghargaan Menlu Jepang dianugerahkan kepada 187 individu dan 63 grup. Sebanyak 37 individu dan 7 grup di antaranya berlokasi di Jepang sedangkan sisanya berada di luar Jepang. 

Turut hadir dalam acara tersebut Deputy Pendidikan dan Kebudayaan Jepang Nakagome, Istri Konjen Jepang Mei Ishii, serta Wakil Konjen Jepang Ishii. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *