Menu

Mode Gelap

Kempalanda · 19 Apr 2022 06:52 WIB ·

Makna dan Amalan Nuzulul Qur’an


					Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

Renungan Ramadhan 18

Oleh Ferry Is Mirza

Wartawan Utama Sekretaris Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudaraku rahimakumullah…..

KEMPALAN: Nuzulul Qur’an merupakan waktu turunnya Al Qur’an yang bertepatan dengan malam yang disebut Lailatul Qadar. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan Al Qur’an pada Lailatul Qadar, sebagaimana firmannya dalam Surat Al-Qadr ayat 1-5, yang artinya :
“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

BACA JUGA: Mengharap Maghfirah

Malam Qadar memiliki beberapa arti, di antaranya malam kemuliaan, karena pada malam itu permulaan diturunkannya Al-Qur’an dari Lauhil Mahfudz kepada Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Makna memperingati malam Nuzulul Qur’an yaitu mengingatkan kembali pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bisa memotivasi kepada umat Islam untuk selalu membaca Al Qur’an agar hidupnya berkah dan ada dalam ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dikisahkan bahwa pada malam itu langit menjadi bersih, tidak nampak awan sedikitpun, suasana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas.

Kita memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, semoga dimudahkan dan di berikan kekuatan dalam menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini, melakukan amal dan ibadah secara sabar, ikhlas dan istiqomah.. serta menjadi ibadah yang diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga Kesehatan dan keberkahan tetap dilimpahkan kepada kita semua serta senantiasa menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur dan memiliki hati yang terbaik, bersih dan ikhlas dalam berbuat kebaikan serta Allah Subhanahu Wa Ta’ala menerima Taubat dan memberikan ampunan atas dosa-dosa kita…
Aamiin Yaa Robbal Alaamiin…..

fimdalimunthe55@gmail.com

Artikel ini telah dibaca 139 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Oligarki Digital dan Zombie Metaverse

18 Mei 2022 - 06:44 WIB

Untung Ada Vina Panduwinata & Reza Artamevia Menemani Keliling Melbourne

17 Mei 2022 - 20:06 WIB

Kunci Ketenangan

17 Mei 2022 - 07:50 WIB

Demo Mahasiswa dan Reproklamasi Republik

15 Mei 2022 - 07:43 WIB

Oligarki Merampas Masa Depan Mahasiswa

14 Mei 2022 - 09:38 WIB

Melbourne Kota Ternyaman Dunia namun Kejam bagi Perokok

12 Mei 2022 - 10:46 WIB

Trending di kempalanalisis