Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 13 Apr 2022 06:03 WIB ·

Ketua DPD RI Minta Pertamina Beri Kejelasan Kontrak Penambang Sumur Minyak Malo Bojonegoro


					Lantaran kontrak tidak kunjung jelas, penambang sumur minyak tua peninggalan Belanda di Malo, Bojonegoro, Jawa Timur, mengadu ke Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Perbesar

Lantaran kontrak tidak kunjung jelas, penambang sumur minyak tua peninggalan Belanda di Malo, Bojonegoro, Jawa Timur, mengadu ke Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

BANDUNG -KEMPALAN: Lantaran kontrak tidak kunjung jelas, penambang sumur minyak tua peninggalan Belanda di Malo, Bojonegoro, Jawa Timur, mengadu ke Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Pengaduan tersebut disampaikan kepada LaNyalla melalui surat yang dikirimkan pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Sejahtera, Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro, yang menjadi wadah para penambang sumur minyak tua peninggalan Belanda.

“Para penambang di Malo Bojonegoro mengeluh dan dirugikan akibat tidak adanya kepastian dari Pertamina EP, pemilik otoritas sumur tua minyak di Malo yang dikelola langsung oleh Pertamina,” kata LaNyalla di sela-sela kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/4/2022).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, selama ini pengelolaan penambangan di sumur minyak tua itu dilakukan rakyat
melalui koperasi sesuai surat Dirjen Migas No. 31993.K/13/DJM.E/2011 tanggal 14 Oktober 2011.

“Masyarakat membutuhkan kejelasan mengenai masa depan mereka di tempat ini. Pihak-pihak terkait harus memberikan informasi yang jelas. Jangan rakyat yang dirugikan,” katanya.

Menurut LaNyalla, tim peneliti telah diterjunkan pada 12 Februari 2020. Namun, hingga kini belum ada kejelasan permohonan kontrak perpanjangan ini diterima atau ditolak.

“Aktivitas penambangan ini sudah menjadi mata pencaharian masyarakat Malo, selain bentuk keikutsertaan masyarakat Malo dalam menunjang target penyediaan minyak mentah nasional. Oleh sebab itu, saya meminta Pertamina dan pihak-pihak terkait lain agar menyelesaikan masalah ini. Tentunya saya berharap keputusan yang diambil pro terhadap nasib rakyat,” tegas LaNyalla.(*)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ganjar Komit Dukung Pertanian Organik dengan Bantuan Prioritas

17 Mei 2022 - 06:42 WIB

Tidak Hanya Omzet Naik, Tampil di Lapak Ganjar Bengok Craft Bisa Pameran di Jepang

16 Mei 2022 - 20:01 WIB

Kunjungan Wisman di Jatim Meningkat, Gubernur Khofifah Minta Bupati dan Wali Kota Maksimalkan Infrastruktur Penunjang Pariwisata

16 Mei 2022 - 14:06 WIB

Festival Lauhan di Jateng Tembus 600 Peserta, Ganjar: Ada Breeding, Jual Beli dan Edukasi

16 Mei 2022 - 07:08 WIB

Berkelas! Potret Gubernur Anies Diskusi dengan Delapan Perusahaan Raksasa Inggris

15 Mei 2022 - 20:11 WIB

Kado Istimewa HIPMI di HJKS ke 729, Gelar SBF Demi Pulihkan Ekonomi Surabaya

15 Mei 2022 - 18:50 WIB

Trending di Kempalanbis