Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 11 Jan 2022 22:50 WIB ·

Taiwan Loloskan Anggaran Tambahan Pertahanan untuk Tangkis Kekuatan Tiongkok


					Pasukan Militer Taiwan-DW Perbesar

Pasukan Militer Taiwan-DW

TAIPEI-KEMPALAN: Parlemen Taiwan telah meloloskan adanya tambahan anggaran pertahanan baru sebesar 8,6 Miliar USD untuk meningkatkan kapabilitas Taiwan untuk mengatasi adanya kenaikan tindakan militer dari Tiongkok yang semakin menjadi ancaman.

Pada Selasa (12/1), rancangan anggaran tersebut disetujui secara mayoritas untuk meloloskan anggaran spesial tersebut, yang kemudian menjadi rekor dari anggaran pertahanan Taiwan tahun-tahun sebelumnya.

Tambahan anggaran tersebut ditujukan untuk membeli misil-misil baru dan membeli kapal perang dengan manufaktur tingkat tinggi dalam waktu “Sangat dekat” untuk meningkatkan kapabilitas pertahanan Tiongkok.

Dalam anggaran tersebut, disebutkan bahwa pemerintah Taiwan akan membeli sistem misil anti-kapal perang yang dikembangkan oleh perusahaan Wan Chien sekaligus membeli sistem Drone pada kapal penjaga pesisir.

Pada saat ini, Taiwan sedang hidup dalam ancaman dari adanya invasi oleh Tiongkok yang melakukan klaim sebagai bagian dari wilayahnya.

Tiongkok telah meningkatkan kapabilitas militernya serta memberikan tekanan secara politik seperti misalnya dengan melakukan beberapa kali latihan militer yang dianggap menjadi simulasi invasi.

Pesawat tempur Tiongkok juga beberapa kali menembus pertahanan udara Taiwan pada tahun lalu.

Rekornya adalah terdapat 38 pesawat tempur yang terlihat melintas di pertahanan udara Taiwan pada Oktober tahun 2021 silam.

Meskipun tensi yang ada antara Taiwan dan Tiongkok tinggi, namun Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa akan sangat sulit bagi Tiongkok melakukan invasi karena sulitnya mendarat dan memberikan suplai kepada pasukannya.

Kemudian juga hingga saat ini, AS masih menjadi kawan dekat Taiwan dalam kaitannya dengan pertahanan meskipun AS belum mengakui Taiwan sebagai sebuah negara yang berdaulat.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Operasi Pasar Minyak Goreng di Gunung Sari, Wakil Walikota Armuji dan Crazy Rich Surabaya Gratiskan Minyak

28 Januari 2022 - 16:52 WIB

Luncurkan Aplikasi Sayang Warga, Pemkot Surabaya Libatkan Kader Identifikasi Masalah Sosial dan Kesehatan

28 Januari 2022 - 06:31 WIB

PT ISS Menangi Lelang Terbuka Perparkiran setelah Penawaran Tertinggi Rp32,09 Miliar

28 Januari 2022 - 06:20 WIB

OPPO eXperience Store Bandung Bawa Konsep Kepuasan Pelanggan

27 Januari 2022 - 22:15 WIB

Wagub Emil Apresiasi Pemkot Probolinggo Cetak Pelaku UMKM Berdaya Saing Global

27 Januari 2022 - 10:10 WIB

LaNyalla: Pemerintah Perlu Pikirkan Skema Distribusi Minyak Goreng

26 Januari 2022 - 12:18 WIB

Trending di Kempalanbis