Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 10 Jan 2022 19:42 WIB ·

Iran Berikan Tambahan Sanksi ke Pihak AS Akibat Pembunuhan Soleimani, Termasuk Petinggi Militer dan Staff Pentagon


					Ilustrasi AS-Iran-IRAM Center Perbesar

Ilustrasi AS-Iran-IRAM Center

TEHERAN-IRAN: Iran telah memberlakukan sanksi lagi kepada beberapa pegawai AS, mulai dari yang berkarir di militer, hingga individu yang dianggap memainkan peranannya dalam pembunuhan Jenderal Tinggi Iran yaitu Qassem Soleimani pada tahun 2020 silam.

Menteri Luar Negeri Iran mengatakan dalam pernyataannya pada Minggu (9/1) bahwa 51 orang warga AS telah di-blacklist oleh Iran.

Kepala Staff Gabungan Militer AS yaitu Mark Milley, Pimpinan Pusat Militer AS yaitu Kenneth McKenzie, beberapa pegawai Pentagon hingga Komandan basis militer AS di beberapa negara menjadi salah satu contoh yang diberikan sanksi.

Selain nama-nama tersebut yang bersangkutan secara langsung dengan permasalahan Iran, terdapat beberapa individu yang memang diberikan sanksi dengan alasan simbolik.

Tindakan pemberian sanksi tersebut merupakan buntut dari adanya kejadian peringatan dua tahun peristiwa pembunuhan Soleimani yang dibunuh dalam serangan Drone yang diperintahkan oleh Presiden Trump.

Dalam perayaan dua tahun peringatan tersebut, Presiden Iran yaitu Ebrahim Raisi mengatakan bahwa Trump, mantan Menteri Luar Negeri AS yaitu Mike Pompeo dan beberapa orang lainnya harus mendapatkan “Hukum” yang setimpal.

Iran juga beberapa hari silam meminta dan mendesak Majelis Umum PBB serta Dewan Keamanan PBB untuk memberikan tindakan formal kepada AS yang bertindak semena-mena dalam pembunuhan petinggi Jenderal Iran.

Hingga saat ini, relasi antara AS-Iran masih belum membaik,terlebih lagi dalam kaitannya dengan permasalahan program nuklir Iran yang masih mengalami kebuntuan.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kamala Harris Hadiri Pelantikan Presiden Honduras

28 Januari 2022 - 09:50 WIB

Thailand Tak Akan Paksa Pengungsi Myanmar Kembali

17 Januari 2022 - 20:50 WIB

Pemerintah Thailand Akan Keluarkan UU LSM, Berikut Pandangan Masyarakat

16 Januari 2022 - 16:00 WIB

Pesan Xi untuk Tiongkok: Jaga Keamanan Nasional, Kestabilan Sosial, dan Kehidupan Damai

16 Januari 2022 - 11:13 WIB

Singapura Justru Dukung Langkah Kamboja dalam Permasalahan Myanmar

14 Januari 2022 - 17:50 WIB

Waspada! Infeksi Virus Corona Meningkat di Perkotaan Thailand

14 Januari 2022 - 17:23 WIB

Trending di kempalanmanca