Menlu Australia Kunjungi Kamboja, Berikan 3,5 Juta Dosis Vaksin

waktu baca 2 menit
Menlu Australia; Marise Payne-ABC

PHNOM PENH-KEMPALAN: Menteri Luar Negeri Australia yaitu Marisa Payne mengunjungi Kamboja pada Senin (8/10) dan bertemu dengan Perdana Menteri Kamboja yaitu Hun Sen. Dalam kunjungannya, kedua negara tersebut membahas mengenai penanganan pandemi COVID-19 dan permasalahan penting lainnya.

Menteri Luar Negeri Australia, Marisa Payne bertukar pikiran dengan Kamboja dalam beberapa hal dan terdapat sebuah perjanjian antara kedua negara tersebut untuk saling bantu dalam hal edukasi, kesehatan, agrikultur dan pertahanan.

Selain itu, Marisa Payne juga mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan 3,5 Juta dosis Vaksin COVID-19 ke Kamboja secara bertahap.

Tahap terdekat, Australia akan mengirimkan 1,5 Juta dosis Vaksin COVID-19 pada akhir tahun ini yang kemudian pada bulan Februari tahun mendatang, Australia akan mengeluarkan dana 28 Juta USD untuk membeli sisa dosis vaksin yang dijanjikan.

Payne yang juga menjabat sebagai Menteri Kewanitaan mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan tempat yang luas untuk perempuan Kamboja yang mengalami kekerasan di Kamboja. Australia akan membantu dengan senang hati kepada mereka.

Kunjungan Austalia ke Kamboja merupakan salah satu agenda dari kunjungannya ke Asia Tenggara. Dalam kunjungan tersebut, Australia akan mengunjungi Kamboja, Malaysia, Vietnam serta Indonesia.

Australia berupaya untuk semakin mempererat kembali kawasannya di bidang ekonomi serta kesehatan untuk menanggulangi pandemi COVID-19.

Selain itu, Marisa Payne juga mengatakan bahwa kunjungannya ke Asia Tenggara sebagai salah satu upaya untuk menjalin kerja sama strategis dengan ASEAN.

Setelah mengunjungi Kamboja, Australia akan mengunjungi Malaysia yang kemudian dilanjut dengan Vietnam. Indonesia menjadi negara terakhir yang akan dikunjungi oleh Australia.

(AP, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *