Menu

Mode Gelap

Kempalanbis · 10 Nov 2021 12:52 WIB ·

International Coaching Summit 2021: Budaya Coaching untuk Bisnis


					Bapak Josef Bataona berbagi mengenai pengalaman coachingnya dari tingkat korporasi, guru, hingga coaching dengan komunitas Teman Tuli di International Coaching Summit 2021. Perbesar

Bapak Josef Bataona berbagi mengenai pengalaman coachingnya dari tingkat korporasi, guru, hingga coaching dengan komunitas Teman Tuli di International Coaching Summit 2021.

Jakarta-KEMPALAN: International Coaching Federation (ICF) Jakarta sedang menggelar International Coaching Summit (ICS) pada 28 Oktober 2021 hingga 28 November 2021 secara virtual pada setiap akhir pekan periode tersebut. Lewat ICS 2021 Coaching Works!: Empowering The World Through Coaching ini, ada empat (4) streamline terkait coaching menjadi salah satu upaya untuk menciptakan SDM berkarakter matang dan sadar dengan potensi dirinya agar bisa terus berkembang dan tetap bisa bersaing di era Industri 4.0 ini: Coaching sebagai profesi, Coaching sebagai kompetensi, Coaching sebagai budaya, Coaching untuk keutuhan hidup.

 Di minggu kedua rangkaian acara ini selama 2 hari, hari pertama, Sabtu, 6 November 2021, menghadirkan Rudy Efendy PCC, Josef Bataona (Former Direktur HRD Indofood, Bank Danamon, dan Unilever), Ari Yuda Laksmana ACC, Rini Haerinnisya PCC, lalu Marc-Antoine Dunais serta Felicia Tanzil. Pada hari kedua, Minggu, 7 November 2021, ICS menghadirkan Sonali Sharma di sesi pertama dan sesi terakhir menghadirkan beragam pembicara dari berbagai bidang seperti, Ananta Dewandhono EPC ESLOG CSLP dari Vanaya, Diah Arum Witasari H ACC dari Coaching Mentoring Institute, Onma Pasti Gultom ACC dari Coaching Indonesia, dan Harry Pramono LCPC dari Loop Institute of Coaching.

Pada hari pertama, Sabtu, 6 November 2021, sesi pertama menghadirkan Rudy Efendy PCC yang membicarakan tentang ICF telah memperbarui core competencies (CC) mereka dan menempatkannya mulai tahun 2021, setelah 25 tahun model 11 CC ICF yang lama. Sesi ini untuk menyegarkan model kompetensi ICF yang baru diperbarui. Selanjutnya, ada Josef Bataona yang menceritakan tentang pengalamannya dalam menciptakan budaya coaching dimana leader dilatih untuk menjadi coach internal sebagai bagian dari pengembangan tim mereka hingga menjadi coach di komunitas Teman Tuli.

Selanjutnya, Ari Yuda Laksmana ACC berbagi kesempatan tentang bagaimana digital dapat menemukan kembali cara kita melakukan coaching tidak hanya sebagai bisnis tetapi sebagai layanan yang berpusat pada coach untuk UMKM. Lalu, ada Rini Haerinnisya PCC memoderasi dan mendemonstrasikan penggunaan percakapan coaching untuk menghidupkan kembali pengalaman coaching mereka dan dampaknya bagi kehidupan mereka. Terakhir, ada tamu spesial yaitu Marc-Antoine Dunais serta Felicia Tanzil. Mereka menjelaskan sesi tersebut untuk menandai pertimbangan-pertimbangan yang lebih luas, menggabungkan aspek kemanfaatan dan keindahan, dan mengintegrasikan pola pikir yang kompleks, untuk dianut dan dirayakan dalam praktik coaching.

Pada hari terakhir di minggu kedua ICS 2021, Minggu, 7 November 2021, sesi pertama dimulai oleh Sonali Sharma yang berbicara tentang pentingnya percakapan berkelanjutan di tingkat manajer untuk kinerja tim serta peran organisasi yang sehat dan pelacakan tindakan di tingkat CHRO untuk membantu membangun budaya coaching. Pada sesi terakhir, beberapa coach menjelaskan peluang dan tantangan seputar menjadikan coaching sebagai profesi, seperti Ananta Dewandhono EPC ESLOG CSLP dari Vanaya, Diah Arum Witasari H ACC dari Coaching Mentoring Institute, Onma Pasti Gultom ACC dari Coaching Indonesia, dan Harry Pramono LCPC dari Loop Institute of Coaching.

ICS ke-10 tahun ini menampilkan penerapan proses coaching dari masing-masing stakeholders di setiap tingkat aplikasi: Pribadi, Organisasi, Asosiasi, Komunitas, dan Negara sekalipun. ICS 2021 akan menjadi International Summit kedua yang ICF Jakarta selenggarakan secara virtual dan akan mengumpulkan lebih dari 1000 peserta dari berbagai profesi termasuk coach, peneliti, tenaga pengajar, pejabat pemerintah, pengusaha, praktisi bisnis, UMKM, maupun startup dan individu.

Acara ICS 2021 Coaching Works!: Empowering The World Through Coaching akan berlangsung hingga 28 November 2021. Tiket dan Jadwal Pembicara selanjutnya bisa didapatkan melalui situs  https://ics.coachingyuk.com/. (*)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Gus Muhdlor: Kolaborasi Antar-Wilayah Harus Diperkuat untuk Dukung UMKM

4 Desember 2021 - 17:51 WIB

Penambangan Asteroid dan Bisnis Antariksa, Potensi Ekonomi Masa Depan(?)

4 Desember 2021 - 16:15 WIB

Gubernur Khofifah Pimpin Misi Dagang ke Maluku, 8 Jam Catat Transaksi Rp 232,74 Miliar

3 Desember 2021 - 05:49 WIB

Ketua DPD RI Optimis Impor Beras Bisa Dihentikan

2 Desember 2021 - 06:15 WIB

Pemprov Jatim Terima Bantuan 10.000 Paket Sembako dari Mayapada Group

2 Desember 2021 - 06:07 WIB

Ketua DPD RI: SDM Sektor Pertanian Jadi PR Besar Pemerintah

1 Desember 2021 - 16:06 WIB

Trending di Kempalanbis