Menu

Mode Gelap

kempalansport · 2 Nov 2021 17:06 WIB ·

Targetkan Enam Kualifikasi Sprint dalam Balapan F1 Musim Depan


					Pembalap Red Bull Racing Honda Max Verstappen saat memenangi kualifikasi sprint di Silverstone, Juli lalu. (Foto: F1 Chronicle) Perbesar

Pembalap Red Bull Racing Honda Max Verstappen saat memenangi kualifikasi sprint di Silverstone, Juli lalu. (Foto: F1 Chronicle)

PARIS-KEMPALAN: Balapan Formula 1 di musim ini masih tersisa lima seri lagi. Begitu pula seri yang menggunakan kualifikasi sprint. GP Sao Paulo yang berlangsung di Interlagos Circuit, Sao Paulo, jadi seri terakhir yang menggunakan kualifikasi sprint.

Tetapi, pihak F1 sudah memasang target untuk memperbanyak seri balapan musim depan dengan kualifikasi sprint. Seperti yang diungkapkan Kepala Motorsport F1 Ross Brawn. ’’Promotor F1 rata-rata ingin menggelar kualifikasi sprint musim depan, tetapi hanya enam di antaranya yang di musim depan berpeluang menggelarnya,’’ ucap Brawn.

Termasuk Interlagos Circuit, di musim ini F1 sudah memberlakukan sesi kualifikasi sprint dalam tiga seri. Yaitu saat GP Inggris di Silverstone Circuit, Silverstone (18/7) dan dalam GP Italia di Monza Circuit, Monza (12/9).

Menurut Brawn, banyaknya minat promotor F1 untuk menggelar kualifikasi sprint musim depan ini karena terobosan yang baru diaplikasikan musim ini tersebut dianggap memberikan tambahan hiburan baru dalam seri balapan F1.

Meski demikian, Brawn menyebut pihak F1 masih belum bisa menentukan secara resmi sirkuit mana yang akan digelar sesi kualifikasi sprint. Rencananya, itu akan dibahas setelah berakhirnya GP Sao Paulo. Menunggu evaluasi dari ketiga kualifikasi sprint.

’’Dari pandangan kami, bahwa kami harus mengambil beberapa langkah progresif untuk musim depan. Tetapi bukan langkah yang radikal,’’ sambung Brawn. Banyak pertimbangan sebelum F1 memutuskan tambahan kualifikasi sprint.

’’Ada beberapa faktor yang harus kami pertimbangkan. Salah satunya adalah penyebaran sirkuit tuan rumah (kualifikasi sprint) musim ini. Bagaimana kami menyebarkan momen ini sepanjang musim ini,’’ ungkapnya.

Apabila melihat sirkuit-sirkuit yang ditunjuk sebagai penyelenggara sesi kualifikasi sprint, maka bisa jadi musim depan giliran sirkuit-sirkuit yang berada di negara-negara Asia. Seperti diketahui pada musim depan akan ada lima seri di Asia.

Bertambah satu seri dibandingkan musim ini. GP Singapura di Marina Bay Street Circuit dan GP Jepang di Suzuka International Racing Course akan kembali menggelar seri balapan F1. Sirkuit-sirkuit itu pula yang berpeluang menggelar sesi kualifikasi sprint.

Grand Prix Singapura di Marina Bay Street Circuit yang terbuka peluangnya menggelar kualifikasi sprint musim depan. (Foto: Formula 1)

Dengan format sesi kualifikasi sprint, maka pembalap akan menentukan grid untuk balapan pada hari Minggu dalam satu sesi setelah sesi latihan bebas (free practice atau FP) kedua, setiap Sabtu sore. Pembalap Red Bull Racing Honda Max Verstappen menjadi pembalap pertama yang dapat memenangi sesi kualifikasi sprint ini di Silverstone. (Reuters, Yunita Mega Pratiwi)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wakil Ketua KONI Kab Bandung Ajak Warga Pasang Bendera di Halaman Rumah dan Medsos

9 Desember 2021 - 12:36 WIB

Deltras atau Mitra yang Susul 7 Tim di Babak 8 Besar Liga 3

9 Desember 2021 - 12:00 WIB

Top Markotop! Persebaya Obok-obok Gawang Persib Bandung 3-0

9 Desember 2021 - 10:18 WIB

Munchen, Ajax, dan Liverpool Sempurna di Fase Grup Liga Champions

9 Desember 2021 - 08:31 WIB

Daftar Klub-klub yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

9 Desember 2021 - 07:39 WIB

Chelsea Gagal Jadi Juara Grup, Tuchel Beri Peringatan ke Pemainnya

9 Desember 2021 - 06:19 WIB

Trending di kempalansport