Krisis Politik Afghanistan

Juru Bicara EIA: Taliban Ingin Hubungan Baik dengan Turki

  • Whatsapp
Taliban dalam perundingan di Qatar.

KABUL-KEMPALAN: Zabihullah Mujahid, juru bicara Emirat Islam Afghanistan/EIA (Taliban) mengatakan kelompoknya telah meminta negara-negara Muslim mendukung solusi politik yang akan mengakhiri peperangan di Afghanistan.

Ia menambahkan, Taliban khususnya ingin menjaga hubungan baik dengan Turki. Menurutnya, solusi dari permasalahan sekarang di Afghanistan adalah pemerintahan Islam yang inklusif dan mengatakan kelompoknya ingin bekerja dengan negara lain untuk mengembalikan perdamaian dan keamanan serta memulai proses pembangunan ulang.

“Kami ingin hubungan baik dengan Turki, Turki adalah saudara kami, kami memiliki banyak kesamaan berdasarkan keyakinan. Kami ingin Turki meninggalkan masa lalu dan kembali ke masa kini dan masa depan. Setelah itu, kami dapat meminta dialog,” kata Mujahid kepada TRT Arab pada Rabu (20/7).

Pada konferensi perdamaian Afghanistan yang diperkirakan akan diadakan di Istanbul, dia mengatakan Taliban mengevaluasi setiap kesempatan untuk membawa perdamaian ke Afghanistan dan kawasan sekitarnya. Konferensi itu dijadwalkan April, tapi ditunda.

Dia mencatat bahwa memastikan keamanan bandara Kabul, misi diplomatik dan kedutaan adalah tanggung jawab orang Afghanistan dan Taliban akan mempertimbangkan langkah lain sebagai intervensi dalam urusan internal negara itu.

Ia menambahkan, Taliban menyambut kembalinya perundingan dengan Pemerintah Afghanistan di Qatar serta berharap negosiasi itu akan membawa hasil yang baik. (Daily Sabah, reza hikam)

Berita Terkait