Kazakhstan

Presiden Kazakhstan Temui Perwakilan AS untuk Perdamaian Afghanistan

  • Whatsapp
Kassim Jomart Tokayev, Presiden Kazakhstan (wikipedia).

NUR-SULTAN-KEMPALAN: Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev pada Senin (14/6) membahas dengan Zalmay Khalilzad, perwakilan khusus AS untuk rekonsiliasi di Afghanistan, prospek hubungan bilateral yang “ditingkatkan” di tengah penarikan pasukan AS dan NATO dari negara yang dilanda perang itu. Tokayev menerima Khalilzad, yang tiba di Kazakhstan dalam kunjungan kerja.

“Mereka membahas prospek pengembangan kemitraan strategis Kazakh-AS yang ditingkatkan dalam konteks memastikan keamanan dan stabilitas di Afghanistan, termasuk mengingat penarikan pasukan AS dan NATO dari negara ini,” ujar sebuah pernyataan oleh kepresidenan Kazakhstan.

“Tahun ini kami menandai peringatan 30 tahun Kemerdekaan kami… Amerika Serikat adalah mitra kuat Kazakhstan. Kami adalah mitra yang baik di banyak bidang, termasuk perdagangan dan kerja sama ekonomi,” kata Presiden Tokayev seperti yang dikutip Kempalan dari Anadolu Agency.

Khalilzad mengucapkan terima kasih kepada Tokayev atas kesempatan untuk bertemu langsung dan memuji perannya yang bertujuan memulihkan stabilitas di Afghanistan.

Dia berbagi penilaiannya tentang situasi saat ini di Afghanistan, dan upaya AS pada proses perdamaian intra-Afghanistan, yang sedang berlangsung di Qatar sejak Desember lalu tetapi hanya membuat sedikit kemajuan. Pembicaraan antara pemerintah di Kabul dan Taliban bertujuan untuk mengakhiri perang selama 19 tahun, dan memutuskan peta jalan untuk Afghanistan pascaperang. (Anadolu Agency, reza hikam)

Berita Terkait