Euro 2020

Digempur Habis-Habisan, Swedia Mampu Menahan Imbang Spanyol 0-0

  • Whatsapp
Olsen keluar dari sarangnya untuk menggagalkan laju Marcos Llorente. (Euro 2020)

SEVILLE-KEMPALAN: Spanyol harus puas berbagi poin usai ditahan imbang oleh Swedia 0-0 di laga grup E Euro 2020 pertama mereka. Meski mendominasi, La Roja masih tidak mampu mencetak satu gol pun ke gawang Blagult.

Laga antara kedua tim tersebut tersaji di Stadion La Cartuja, Sevilla, Sapnyol pada Selasa (15/6) dini hari WIB.

Spanyol langsung tampil menyerang ketika pertandingan dimulai. Di 10 menit pertama, La Roja mencatatkan penguasaan bola sebesar 90 persen dan mengurung Blagult di pertahanannya sendiri.

La Roja baru mendapatkan peluang emas di menit ke-16 saat Koke mengirimkan umpan dari sayap kanan dan ditanduk oleh Dani Olmo. Sayang, Robin Olsen dengan sigap menepisnya.

Enam menit berselang, Spanyol kembali mendapatkan peluang Koke yang datang dari belakang menyambut bola usai lepas dari Jordi Alba. Sayang, tendangan pemain Atletico Madrid itu masih melebar dari target.

Koke lagi-lagi menciptakan peluang bagi Spanyol di menit ke-29. Namun tendangannya masih jauh di atas mistar.

Gempuran dari La Roja masih belum berhenti, di menit ke-38 gantian Alvaro Morata yang mengancam gawang Olsen. Namun sepakannya masih melebar tipis.

Menit ke-41 akhirnya Swedia mampu lepas dari kurungan dan melesatkan tembakan ke arah gawang usai Alexander Isak meliuk-liuk di kotak pinalti. Marcos Llorente berhasil memblokit bola dan mengenai tiang. Sialnya, bola mengarah ke dekapan Unai Simon.

Di menit ke-44, La Roja hampir memperoleh penalti ketika Rodri melesatkan tembakan yang membentur pemain Swedia. Para pemain Spanyol protes akan handball namun wasit tidak mengabulkan permintaan mereka. Beberapa detik kemudian Olmo kembali meluncurkan tendangan ke pojok kanan bawah. Sayang, Olsen tidak mengizinkan bola menggetarkan jalanya.

Tampil mendominasi di babak pertama nampaknya masih belum memberikan titik terang bagi Spanyol. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Spanyol masih terus menggempur pertahanan Swedia di awal babak kedua. Di menit ke-49 Morata kembali melesatkan tembakan. Namun, lagi-lagi sepakannya melebar.

Meski digempur habis-habisan, Swedia kembali mendapatkan peluang emas di menit ke-61 melalui serangan balik. Sayang, Marcus Berg gagal mengkonversikan umpan terarah dari Isak menjadi gol.

Layaknya Perisai Aegis, pertahanan dari Swedia sangat sigao menghalau bola yang mengancam gawangnya. Mulai dari tepisan hingga intercept udara mampu mengamankan kedudukan.

Di menit ke-90, peluang emas Spanyol lagi-lagi digagalkan oleh Robin Olsen. Kombinasi pemain pengganti yakni umpan silang Pablo Sarabia dan tandukan Gerard Moreno masih dimentahkan oleh kiper Everton itu.

Lagi-lagi pertahanan Swedia masih tidak bisa ditembus. Jordi Alba yang menusuk di sisi kanan pertahanan Swedia melesatkan umpan terarah yang disambar oleh Sarabia di menit 90+3. Sayang, bola masih di dekapan Olsen.

Hingga peluit panjang ditiup, gempuran Spanyol tidak mampu membuahkan satu gol sama sekali. Skor imbang 0-0 menjadi hasil akhir matchday pertama grup E.

Hasil ini membawa Spanyol berada di posisi kedua klasemen sementara grup E karena unggul dalam akumulasi kartu sedangkan Swedia berada di posisi ketiga. Sementara itu, Slovakia menjadi pemuncak grup dan Polandia menjadi juru kunci. (Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait