Kualifikasi Piala Dunia 2022

Indonesia Kalah, Dihajar Uni Emirat Arab 5-0

  • Whatsapp
Salah satu momen dalam pertandingan Indonesia vs UEA. (PSSI)

DUBAI-KEMPALAN: Indonesia menutup kualifikasi Piala Dunia mereka dengan menyedihkan, tim Garuda dihajar Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 5-0.

Laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia Indonesia itu tersaji di Zabeel Stadium, Dubai, Jumat (11/6) malam WIB.

Di menit awal babak pertama, UEA menekan dengan terus melancarkan serangan. Namun, lini belakang Tim Garuda mampu dengan disiplin meredam serangan pasukan Bert van Marwijk.

Terus mengurung lini pertahanan Indonesia. UEA akhirnya mampu mendapatkan peluang pertamanya di menit ke-16.

Walid Abbas berhasil meneruskan umpan silang dari sisi kanan di kotak penalti. Sayang, sundulan kapten UEA ini masih terlalu lemah hingga mudah diamankan Muhammad Riyandi.

Pada menit ke-22, UEA akhirnya mampu memecah kebuntuan. Sepakan Khalfan Mubarak di sisi kanan kotak penalti yang ditepis oleh Riyandi mampu disambar oleh Ali Mabkhout yang berdiri di depan gawang. Gol, UEA unggul 1-0.

Pada menit ke-26, Indonesia sempat punya kesempatan untuk mencetak gol. Memanfaatkan kesalahan lini belakang UEA, Kushedya Hari Yudo mendapat bola di depan kotak penalti UEA.

Yudo berusaha melepas umpan terobosan ke Evan Dimas. Namun, Dimas sedikit terlambat sehingga bisa diserobot bek UEA.

Berselang dua menit, UEA berhasil menggandakan keunggulan mereka. Umpan silang Mahmoud Alhammadi dd sisi kiri berhasil diteruskan Fabio Lima dengan sundulan terukur ke kanan gawang Indonesia. Gol, UEA unggul 2-0.

Selepas water break, Indonesia lebih tampil menyerang. Hasilnya tim Garuda mendapat hadiah penalti di menit ke-38 karena umpan Asnawi yang menusuk dari sisi kanan mengenai tangan Walid Abbas.

Sayang, Evan Dimas mensia-siakan peluang emas untuk mencetak gol ini. Evan, yang maju sebagai eksekutor, melepas tembakan mendatar ke arah kanan yang berhasil ditepis oleh Ali Khaseif.

Pada menit ke-41, UEA hampir mencetak gol lagi saat Khalfan Mubarak terbebas di kotak penalti. Namun, sepakannya masih bisa dibendung Riyandi.

Tak ada tambahan gol tercipta, Skor 2-0 untuk keunggulan UEA tetap bertahan.

Pada menit ke-48, Wasit memberikan penalti untuk UEA selepas Adam Alis melanggar Khalfan Mubarak di kotak terlarang.

Ali Mabkhout yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Ia melepas tembakan keras ke arah kanan yang tak mampu ditahan Riyandi, Gol, UEA unggul 3-0.

Indonesia memasukan Egy Maulana dan Witan Sulaeman untuk membuat lini depan lebih hidup. Pada menit ke-49, kombinasi umpan pendek Asnawi dan Egy bisa membongkar lini pertahanan UEA.

Egy bisa melepas umpan tarik menghindari terjangan dari Ali Khaseif. Namun, bola masih bisa dihalau Shaheen Abdalla.

Pada menit ke-55, UEA kembali berhasil menggetarkan jala gawang tim Garuda. Gol tercipta dari sundulan Fabio Lima yang berhasil meneruskan umpan silang Mahmoud Alhammadi.

Lima berhasil mengungguli dua bek Indonesia untuk melepas sundulan keras yang menggetarkan jala Riyandi. Gol, UEA memimpin 4-0.

Tim Merah Putih kembali memberikan ancaman dari tembakan jarak jauh Syahrian Abimanyu. Sayang, bola masih bisa ditepis oleh Ali Khaseif. Egy sebenarnya berada di posisi yang pas untuk melakukan rebound. Namun, ia malah terpeleset.

Pada menit ke-86, UEA kembali membobol gawang tim Garuda. Gol lahir dari tembakan keras Sebastian Tagliabue di sisi kanan kotak penalti.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit panjang berbunyi, skor 5-0 untuk kemenangan UEA menjadi hasil akhir pertandingan. (Detik/Goal, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait