Islamofobia

Turki Desak Upaya Bersama Lawan Islamofobia

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu.

ANKARA-KEMPALAN: Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu pada Selasa (8/6) mendesak masyarakat internasional untuk bertindak bersama melawan Islamofobia setelah serangan terhadap empat Muslim di Kanada pada minggu ini.

“Semoga Allah Swt mengampuni saudara dan saudari Muslim kami dari keluarga yang dibantai di Kanada,” ujar Mevlut melalui akun resmi Twitternya. Ia juga mendesak tindakan global melawan Islamofobia.

“Kita semua harus melawan bersama terorisme Islamofobia, rasisme, dan diskriminasi,” ujarnya seraya menambahkan masyarakat dunia harus mengambil tindakan bersama tanpa menunda-nunda.

Ibrahim Kalin, juru bicara presiden Turki juga mengecam serangan tersebut seraya mengatakan “menunjukkan sekali lagi bagaimana ketakutan yang dibangun mengarah kepada kebencian, kebencian mengarah kepada rasa permusuhan dan kekerasan.”

“Kebiadaban modern ini harus berhenti, pengiblisan Muslim harus berakhir,” tuturnya di Twitter yang dikutip Kempalan dari Anadolu Agency.

Omer Celik, juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Turki, mengkritik penggunaan retorika anti-Islam oleh beberapa politisi dan media, dengan mengatakan hal itu mendorong kejahatan rasial.

“Ini bukan hanya tindakan kriminal sederhana,” kata Celik dalam sebuah tweet. “Bahasa politik dan media, yang memberikan kredit untuk kejahatan rasial, bertanggung jawab untuk ini.”

Empat orang di Kanada tewas setelah ditabrak dengan sengaja oleh seseorang yang memang dimotivasi oleh Islamofobia, hanya anak berumur sembilan tahun yang mengalami luka serius namun masih hidup. (Anadolu Agency, reza m hikam)

Berita Terkait