Afrika

Tuduhan Korupsi, Menteri Kesehatan Afrika Selatan Mendapatkan Cuti

  • Whatsapp
Potret Zweli Mkhize (Africa News).

CAPE TOWN-KEMPALAN: Menteri Kesehatan Afrika Selatan mendapat cuti khusus pada Selasa (8/6) atas skandal korupsi yang melibatkan kontrak pemerintah yang tidak teratur di mana $11 juta dibayarkan kepada sebuah perusahaan yang berhubungan dengan dua orang yang pernah bekerja untuknya.

Zweli Mkhize telah mempelopori tanggapan Covid-19 di Afrika Selatan, yang memiliki kasus dan kematian terbanyak di Afrika.

Langkah itu diumumkan oleh Presiden Cyril Ramaphosa dalam sebuah pernyataan dari kantornya. Dikatakan Mkhize ditempatkan pada cuti khusus dari pekerjaannya “untuk menghadiri tuduhan dan penyelidikan.”

Melansir dari Africanews, Menteri Pariwisata Afrika Selatan akan bertindak sebagai pejabat menteri kesehatan, kata presiden. Unit Investigasi Khusus Afrika Selatan masih menyelidiki kontrak tersebut dan belum merilis laporan, meskipun departemen kesehatan Mkhize sendiri telah menemukan bahwa kontrak itu “tidak ditentukan.”

Mkhize telah membantah bahwa dia secara pribadi mendapat manfaat dari kontrak tersebut dan mengklaim bahwa dia tidak terlibat dalam pemberiannya.

Mkhize telah membantah bahwa dia secara pribadi mendapat manfaat dari kontrak tersebut dan mengklaim bahwa dia tidak terlibat dalam pemberiannya.

Mantan asisten pribadi dan mantan juru bicara Mkhize sekarang terhubung ke perusahaan Digital Vibes, yang dibayar uang untuk mengatur briefing media untuk menteri selama pandemi virus corona.

Ada tuduhan baru bahwa putra Mkhize secara pribadi diuntungkan dari kontrak tersebut.

Ini adalah salah satu dari beberapa skandal korupsi yang telah menodai tanggapan virus pemerintah Afrika Selatan. (Africanews, Abdul Manaf Farid)

Berita Terkait