Euro 2020

Preview Grup A: Berbahaya, Swiss Bisa jadi Batu Sandungan Negara Lain

  • Whatsapp
Xherdan Shaqiri akan menambah ancaman di lini depan Swiss

KEMPALAN: Kemenangan dalam enam pertandingan baru-baru ini, melawan Ukraina, Bulgaria, Lithuania, Finlandia, AS, dan Liechtenstein menunjukkan bahwa Swiss bisa menjadi pengganggu jalur kemenangan tim-tim di grup A. Mampukah tim berjuluk Rossocrociati ini lolos dari fase grup?

A PELATIH

Vladimir Petkovic: Setelah sebelumnya melatih sejumlah klub Swiss serta klub asal Italia Lazio, Petkovic ditunjuk oleh Swiss untuk melatih tim nasional pada Juli 2014. Pelatih berusia 57 tahun itu sejauh ini membawa Swiss ke babak 16 besar Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

B PERFORMA TIM

Performa timnas Swiss bisa dibilang sebuah anomali. tujuh pertandingan tanpa kemenangan telah memberi jalan kepada enam kemenangan berturut-turut, termasuk kemenangan 7-0 atas Liechtenstein dalam pertandingan uji coba terakhir mereka sebelum pertandingan pembukaan Euro mereka melawan Wales.

Penampilan Swiss selama beberapa pertandingan terakhir, melawan Ukraina, Bulgaria, Lithuania, Finlandia, AS, dan Liechtenstein menunjukkan bahwa Rossocrociati memiliku kualitas untuk menjadi batu sandungan bagi negara lain di grup A.

Satu-satunya masalah yang dihadapi Petkovic adalah bahwa beberapa pemainnya tiba di turnamen sedikit kurang matang, Fabian Schär telah melewatkan sebagian besar musim karena cedera dan Xherdan Shaqiri sering tidak dimainkan di Liverpool.

C KOMPOSISI TIM

Goalkeepers: Yann Sommer (Mönchengladbach), Yvon Mvogo (PSV), Jonas Omlin (Montpellier)

Defenders: Manuel Akanji (Dortmund), Loris Benito (Bordeaux), Eray Cömert (Basel), Nico Elvedi (Mönchengladbach), Jordan Lotomba (Nice), Kevin Mbabu (Wolfsburg), Becir Omeragic (Zürich), Ricardo Rodríguez (Torino), Fabian Schär (Newcastle United), Silvan Widmer (Basel)

Midfielders: Christian Fassnacht (Young Boys), Edimilson Fernandes (Mainz), Remo Freuler (Atalanta), Admir Mehmedi (Wolfsburg), Xherdan Shaqiri (Liverpool), Djibril Sow (Frankfurt), Ruben Vargas (Augsburg), Granit Xhaka (Arsenal), Denis Zakaria (Mönchengladbach), Steven Zuber (Frankfurt)

Forwards: Breel Embolo (Mönchengladbach), Mario Gavranović (Dinamo Zagreb), Haris Seferović (Benfica)

D PEMAIN YANG DAPAT MEMBERI KEJUTAN

Ricardo Rodriguez: Bek sayap Torino ini mencetak gol dalam kemenangan dalam pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat, dan dia selalu memberikan kontribusi luar biasa di kiri, pertahanan maupun penyerang Swiss.

Bek, yang menjadi penendang bola mati dan penalti untuk tim ini, akan tampil di turnamen keempatnya bersama Swiss. Dia telah menjadi bagian timnas di Piala Dunia 2014, Piala Dunia 2018, serta Euro 2016. Ancamannya dari situasi bola mati bisa menjadi kunci Swiss untuk lolos dari fase grup.

E BEST EURO FINISH

Babak 16 Besar (2016), Fase Grup (1996, 2004, 2008). (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait