Teknologi

Perusahaan AliveCor Tuding Apple Lakukan Monopoli Teknologi

  • Whatsapp
Ilustrasi dari produk Apple Watch

JAKARTA-KEMPALAN: Sebagai pabrikan teknologi nomor satu di dunia, Apple selalu konsisten dalam mengembangkan berbagai produk yang mengedepankan inovasi. Seperti halnya produk-produk mainstream Apple, yaitu Iphone, Ipad, Imac, Macbook, hingga Apple Watch.

Pada produk terakhir, Apple mengembangkan seri Apple Watch sebagai alat atau perangkat berupa jam canggih dengan berbagai fitur pintar yang support berbagai aplikasi terbaru. Bahkan, Apple Watch juga menyediakan fitur-fitur menarik, seperti alarm, timer, model sport, hingga fitur untuk mendeteksi detak jantung.

Merebak dan masifnya Apple Watch di pasar segmentasi jam pintar, baru-baru ini ada perusahaan yang menuding bahwa Apple secara tidak langsung melakukan tindakan monopoli pasar teknologi.

Perusahaan ini adalah AliveCor, yakni sebuah korporasi teknologi yang fokus pada pengembangan fitur medis yang menjajakan produk yang berbentuk hardware hingga software. Perusahaan asal Inggris ini, secara terang-terangan melakukan klaim bahwa Apple telah menguasai pasar teknologi ini.

AliveCor menuding Apple melakukan monopoli karena tidak menyertakan analisis detak jantung ketiga dari pihak ketiga, termasuk perusahaan mereka. Perusahaan tersebut kemudian mengajukan gugatan antitrust terhadap Apple karena dirasa telah merugikan perusahaan, pasien, hingga konsumen.

Perusahaan AliveCor memang juga memiliki aksesoris KardiaBand AliveCor, yang mana merupakan alat yang secara fungsional berperan sebagai Elektrokardiogram (EKG). Alat tersebut berguna dalam konteks merekam serta mengukur aktivitas dari jantung manusia.

Akan tetapi yang membuat perusahaan AliveCor memanas, Apple Watch juga menyediakan fitur Elektrokardiogram (EKG) serupa. Hal ini yang membuat perusahaan ini geram, dan menuding bahwa Apple mengubah fungsi watchOS untuk menyabotase KardiaBand, serta aplikasi analisis detak jantung.

Tindakan Apple menyebabkan alat EKG lain menjadi tidak berfungsi atau tidak seakurat dibanding yang dibuat Apple. Ini bukan pertama kali AliveCor mempermasalahkan Apple Watch. Dimana awal tahun 2021 ini, AlliveCor mendekati Komisi Perdagangan Amerika Serikat dengan harapan Apple Watch dilarang dipasarkan. (Rafi Aufa Mawardi)

Berita Terkait