Penanganan Pandemi

Akhiri Masa Lockdown, Belanda Buka Fasilitas Hiburan

  • Whatsapp
Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte (Archyde)

AMSTERDAM-KEMPALAN: Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan pada Jumat (28/5) bahwa “lockdown” negara itu akan berakhir mulai 5 Juni dengan pelonggaran lebih banyak pembatasan COVID-19.

Melansir dari Euronews, museum akan diizinkan untuk menyambut satu pengunjung per 10 meter persegi serta teater dan bioskop akan dapat menampung maksimal 50 pengunjung.

Tempat besar dengan 1.000 kursi atau lebih, dapat menampung hingga 250 pengunjung, terpisah 1,5 meter, kata pemerintah. Taman hiburan, taman alam, dan kebun binatang juga akan dibuka kembali.

Kelompok beranggotakan empat orang akan diizinkan untuk bertemu di luar, kata pemerintah, dan pemilik restoran sekarang akan diizinkan untuk melayani di dalam ruangan hingga 22:00.

“Relaksasi yang akan berlaku pada 5 Juni sebenarnya berarti akhir dari penguncian,” kata Rutte dalam konferensi pers.

“Kami mengambil risiko yang telah diperhitungkan, tetapi jika langit menimpa kepala kami minggu depan dan jumlahnya meningkat lagi, kami akan menghadapi situasi baru,” lanjutnya.

“Orang-orang seperti saya sangat menantikan untuk pergi ke konser, makan di luar,” ungkap Rutte.

Sejak dimulainya krisis kesehatan, Belanda, yang memiliki populasi lebih dari 17 juta, telah mencatat lebih dari 1,5 juta kasus COVID-19 dan lebih dari 17.500 kematian terkait dengan penyakit ini.

Tetapi kasus dan rawat inap baru-baru ini menurun dengan 3.914 kasus baru pada Jumat (28/5) turun dari antara 6.000 dan 9.000 kasus harian pada awal Mei.

Jumlah rata-rata penerimaan rumah sakit sekitar 115 per hari, menurut kementerian kesehatan.

Pemerintah Belanda baru-baru ini mengakhiri jam malam dan mengizinkan restoran dan kafe menampung pelanggan di teras pada akhir bulan lalu. (Euronews, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait